Email: tafsirhadits@ymail.com / emand_99@hotmail.com

Powered By Blogger

Jumat, 15 Januari 2010

Takhrij Hadits

TAHKRIJ AL-HADITS
نـوم الصـائم عبـادة و الصــلاة عمـاد الدين

Oleh: Sulaiman Ibrahim
I. Pendahuluan
Para peneliti hadis sependapat bahwa langkah awal yang harus ditempuh dalam penelitian hadis adalah melakukan takhrij, yakni mengutip hadis-hadis secara lengkap (sanad dan matan) dari sumber aslinya dengan menggunakan alat bantu berupa Mu’jam (kamus) hadis.
Di antara Mu’jam hadis yang banyak dijadikan pedoman dalam men-takhrij hadis adalah Mu’jam al-Mufahras karya Arnold John Wensicnk, al-Jami’ al-Shagir karya Jalal al-Din al-Suyutiy, Atraf al-Sahihayn karya Ibn ‘Ubaid al-Dimasyqi, Athraf al-Kutub al-Sittah karya Ahmad al-Maqdisiy, Tuhfat al-Asyraf bin Ma’rifat al-Athraf karya Yusuf al-Mizzi, dan selainnya.
Fasilitas lain yang dapat dijadikan rujukan dalam pen-takhrij-an hadis dewasa ini adalah CD Hadis yang sistem kerjanya berbasis komputerisasi.
Dengan tersebarnya kitab-kitab Mu’jam hadis serta pasilitas lainnya yang dapat mendukung pen-takhrij-an hadis, maka kegiatan penelitian hadis semakin mudah dilakukan dan bahkan sangat perlu digalakkan, guna mengetahui kualitas hadis-hadis; apakah ia shahih, hasan atau dhai’f.
Penelitian hadis yang dimaksud di sini meliputi sanad dan matan-nya. Jika hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis itu berkualitas shahih maka statusnya qat’iy al-dalalah dan wajib dijadikan hujjah. Jika hadis itu berkualitas hasan, maka statusnya zhanniy al-dalalah dan boleh saja dijadikan hujjah. Jika hadis itu berkualitas dha’if, maka hadis statusnya mardud al-dalalah dan tidak boleh dijadikan hujjah.
Metode yang dimaksud di sini adalah cara kerja yang bersistem untuk mempermudah pelaksanaan sesuatu untuk mencapai tujuan, sedangkan takhrij dalam bahasa Arab adalah berasal dari akar kata kharraja (خرج) yang berarti mengeluarkan, tampak atau jelas. Sehingga, term takhrij ini memiliki sinonim dengan beberapa kata, misalnya, al-istimbat (الإستنباط) yang berarti mengeluarkan, al-tadrib (التدريب) yang berarti meneliti dan al-tawjih (التوجيه) yang berarti menerangkan.



M. Syuhudi Ismail dalam mengutip beberapa pendapat ulama, sekurang-kurangnya ditemukan lima pengertian takhrij hadis yakni :

1. Mengemukakan hadis kepada orang banyak dengan menyebutkan para periwayatnya dalam sanad yang telah menyampaikan hadis itu dengan metode periwayatan yang mereka tempuh.
2. Ulama hadis mengemukakan berbagai hadis yang telah dikemukakan oleh guru hadis, atau berbagai kitab, atau lainnya, yang susunannya dikemukakan berdasarkan riwayatnya sendiri, atau para gurunya, atau temannya, atau orang lain, dengan menerangkan siapa periwayatnya dari pada penyusun kitab atau karya tulis yang dijadikan sumber pengambilan.
3. Menunjukkan asal-usul hadis dan mengemukakan sumber peng-ambilannya dari berbagai kitab hadis yang disusun oleh para mukharrij-nya langsung (yakni para periwayat yang juga sebagai penghimpunan bagi hadis yang mereka riwayatkan).
4. Mengemukakan hadis berdasarkan sumbernya atau berbagai sumbernya, yakni kitab-kitab hadis, yang di dalamnya di-sertakan metode periwayatannya dan sanadnya masing-masing, serta diterangkan keadaan para periwayatnya dan kualitas hadisnya.
Menunjukkan atau mengemukakan letak asal hadis para sumbernya yang asli, yakni berbagai kitab, yang di dalamnya dikemukakan hadis itu secara lengkap dengan sanadnya masing-masing; kemudian, untuk kepentingan penelitian, dijelaskan kualitas hadis yang bersangkutan.




نـوم الصـائم عبـادة
2865. نـوم العالـم عبادة : ذكـره الغـزالي في إحياء حديـثا في كتاب الاوراد بزيادة نفسـه تسبيح ولم يذكـر له صحابيا ولا مخـرجا. وكذالك العـراقي في تخريجـه وإنما قال المعـروف فيـه الصـائم بدل العالـم كما تقـدم في: الصائم انتـهي.
وقال فـيه هناك رويناه عن عبد الله بن عمر بسند ضعيف و لعلـه عبد الله بن عمرو قال ورواه الديلمي في مسند الفـردوس من حديث عبد الله بن أوفي وفيه سليمان بن عمرو النخعي أحد الكذابـين انتهى. وقال النجم نـوم العالـم عبادة نفسـه تسبيح و عمله مضاعف ودعاؤه مستجاب – روه الديلمي عن عبد الله بن أوفي وذكره في الجامع الصغير عنـه بزيادة وذنبه مغفـور.

الصــلاة عمـاد الدين
1621. الصـلاة عماد الدين (حديث) قال في المقاصد رواه البيهقي في الشعب بسند ضعيف من حديث عكـرمة عن عمر مرفوعا ونقل عن شيخه الحاكم انه قال لم يسمع عكرمة من عمر. ومثله في تخرجه العراقي لأحاديث الأحياء, وأقول غـزاه في جامع الصغير البيهقي عن ابن عمر, ولفظ البيهقي في الشعب الإيمان كما في أوائل الشـرح الموطأ للسيوطي عن عمرو رضي الله عنه قال جاء رجل فقال يارسول الله أي شيئ أحب الى عبد الله في الإســلام قال الصـلاة لوقتها ومن ترك الصـلاة فلا دين له الصـلاة عماد الدين (انتـهى).
واورده الغزالي في الاحياء بلفظ الصلاة عماد الدين فمن تـركها فقد هدم الدين. وقال في المقاصد ايضا اورده الصاحب الوسيط فقال قال صلى الله عليه وسلم الصلاة عماد الدين, ولم يقف عليه ابن الصلاح فقال في مشكل الوسيـط انه غير معروف. وقال النووي في التنقيح منكرا باطل وقال المنـاوي رده ابن حجر, اي لأن فيـه ضعيفا وانقطاعا فقط وليس بباطل. نبه على ذلك العراقي في حاشية الكشاف وروا الطبراني و الديلمي عن على رفعه بلفظ الصلاة عماد الدين والجهاد سنام العمل وزكاة بين ذلك.
ورواه التيمي في ترغيبه بلفظ الصلاة عماد الاسـلام والقضاعي عن انس رفعه نور المؤمن وله ايضا وللديلمي عن ابى سعيد رفعه علم الايمان الصلاة, واورده الزمخشري في التفسير سورة البقرة.
وعزاه الطيـبي لتخريج الترمذي عن معاذ. وفيه عمودة الصلاة. ورواه ابو نعيـم عن بلال بن يحي قال جاء رجل الي النبي صلى الله عليه وسلم يسأله عن الصـلاة فقال الصلاة عمود الدين وهو مرسل ورجاله ثقات,
وروه بعض الفقهاء بلفظ الصـلاة عماد الدين فمن اقامها فقد اقام الدين ومن هدمها فقـد هدم الدين _ يعني دين نفسـه. رواه الطبـراني عن معاذ بلفظ رأس هذا أميـر الإسـلام ومن اسلم سلم وعمودة الصـلاة وذروة سنامه الجهاد ولايناله الا أفضلهم.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar