Email: tafsirhadits@ymail.com / emand_99@hotmail.com

Powered By Blogger

Senin, 20 September 2010

Ru’yat Atau Hisab

Oleh: M. Yusuf Kalla
Hari ini 11 Agustus 2010 adalah hari pertama untuk sebagian besar umat islam di dunia menjalankan Ibadah Puasa. Di Indonesia sendiri umat islam dari mazhab mayoritas sudah mulai menjalankan ibadah puasa. Dan Alhmadulillahb tahun ini tidak ada perbedaan mengenai kapan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan antara Muhammadiyah dan NU sehingga tidak menimbulkan masalah yang cukup pelik di kalangan umat.
Para ulama NU dan Muhammadiyah masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk menetapkan kapan jatuhnya 1 Ramadhan. Yakni melalui cara Ru’yat yakni melihat bulan ketika maghrib dan yang kedua adalah dengan cara melakukan perhitungan berdasarkan peredaran Bulan. Yang jadi masalah dengan system Ru’yat akan sangat susah dilakukan apalagi ternyata pada hari itu terjadi mendung. Saya juga tidak mau serta merta menyatakan bahwa system hisab akan lebih jitu daripada system Ru’yat.
Yang menjadi pertanyaan, Neil Armstrong mendarat di Bulan dengan Apollo pada tahun 1969, yang menjadikan manusia pertama yang mendarat di Bulan apakah itu dengan system Ru’yat atau Hisab ?saya kira Apollo bisa mendarat di Bulan berkat system perhitungan yan g digunakannya artinya itu adalah system Hisab. Dengan system perhitungan itu manusia bukan lagi bisa melihat bulan tapi sudah bisa mendarat di Bulan.
Sesungguhnya saat ini kita sudah hidup di abad Modern dengan segala peralatan canggih dan modern, itu semua bisa hadir berkat perhitungan sebab kalau berbicara tentang teknologi maka kita akan masuk pada system perhitungan. Maka sebaiknya nanti kelak ketika menetukan kapan jatuhnya tanggal 1 Syawal kita tidak perlu lagi terjebak pada metode dan aliran mana yang akan kita pakai untuk menetapkan tanggal 1 Syawal. Kita cukup bersandar pada teknologi untuk melakukan perhitungan dalam menentukan apakah bulan sudah muncul atau tidak. Sebab sekarang ini dengan teknologi bisa membantu kita dengan cepat, bukan hanya melihat bulan, tapi bahkan sampai mendarat di Bulan.
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA KEPADA ANDA SEMUA,
MOHON MAAF LAHIR BATIN
JUSUF KALLA SEKELUARGA
(Sumber Kompasiana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar