Email: tafsirhadits@ymail.com / emand_99@hotmail.com

Powered By Blogger

Selasa, 08 Juni 2010

MENATA DIRI MEMBANGUN KESUKSESAN

Kesuksesan merupakan satu hal yang diincar oleh semua orang. Akan tetapi mengingat betapa luasnya makna kesuksesan itu sendiri, usaha yang ditempuh oleh masing-masing orang untuk meraih hal itu pun berbeda-beda, ibarat pepatah yang mengatakan, “Banyak jalan menuju Roma”.

Namun secara garis besar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mewujudkan cita-cita itu menjadi kenyataan, yaitu:
1. Fokus dan Komitmen. Ini merupakan langkah awal yang dapat dilakukan, karena akan sangat mustahil untuk meraih suatu tujuan tanpa adanya fokus. Demikian pula untuk berkomitmen pada diri sendiri, hal ini berarti seorang karyawan juga harus mau mengorbangkan kesenangan demi kesempatan yang datang mengetuk.
2. Motivasi diri. Kata ini memang selalu terlontar saat orang bicara kesuksesan dalam berkarier. Di sini seorang karyawan dituntut untuk mampu mendorong dirinya untuk terus bekerja, berkarya, dan memberikan hasil terbaik tanpa harus menunggu datangnya inspirasi, karena kita tidak akan pernah tahu kapan inspirasi itu datang, sementara waktu terus berjalan. Oleh karena itu, kemampuan dalam mengelola waktu semaksimal mungkin menjadi hal yang tidak boleh dianggap sepele.
3. Membangun komunikasi yang fositif, dalam hubungannya dengan rekan kerja yang lain, sikap bersahabat dan menjalin hubungan komunikasi yang baik menjadi satu langkah yang mampu membangun reputasi yang baik. Apalagi dengan anggota tim yang notabene seorang karyawan dituntut untuk bisa bekerja sama dan sikap saling menghargai.
4. Menjaga penampilan dan tutur kata, menjadi hal berikut yang dapat dilakukan. Hal ini menyangkut pada hal kridibilitas dan tingkat keprcayaan orang lain. Bisa dibayangkan bukan bagaimana kita menilai orang yang berpenampilan yang tidak rapi atau berbicara kotor setiap harinya?
5. terakhir, lakukan semua tugas yang datang sesuai dengan prosedur dan selesaikan tepat pada waktunya. Jangan lupa lakukan evaluasi untuk mengetahui kinerja dan kemampuan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar